Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Mawar
Pengertian Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)
Sistem informasi manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan sebuah pengelolaan informasi disluruh rumah sakit secara sistematis dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat luas. Mulai dari pelayanan diagnosa, tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, transaksi pasien, proses akuntansi hingga pengendalian manajemen. Dalam perkembangan seperti ini, sangat banyak sektor kehidupan yang tidak terlepas dari peran dan penggunaan teknologi komputer. Kemajuan teknologi komputer sendiri berkembang sangat pesat dan lebih ke arah yang sangat mudah dari sitem pengaplikasian dan terjangkau.
Sebagai sebuah institusi pelayanan kesehatan masyarakat, Rumah Sakit akan melayani pasien pada setiap harinya. Pemberian tindakan layanan dalam banyak hal akan mempengaruhi kondisi dan rasa nyaman bagi pasien. Semakin cepat pelayanannya maka semakin baik brand Rumah Sakit. SIMRS Mawar ini di desain dengan teknologi informasi terbaru dan interface yang menarik sehingga mudah di gunakan.
SIMRS Mawar adalah prosedur pemrosesan data Rumah Sakit yang memanfaatkan teknologi informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan infrormasi yang tepat waktu dan efektif untuk mendukung semua proses pengambilan keputusan bagi pihak manajemen sehingga dalam tahapan-tahapan manajemen di haruskan membuat SOP (Standard Operating Procedure) untuk kelancaran penerapan SIMRS Mawar yang tertata rapi dengan baik dan rapi.
Bagian Penting SIMRS
Dalam pembuatan aplikasi, SIMRS di bagi menjadi beberapa bagian utama yaitu :
- SOP (Standard Operating Procedure)
- Hradware (Perangkat keras berupa komputer, printer dan lain sebagainya)
- Networking (Jaringan LAN dan wireless)
- Software (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)
- Tanggung jawab dan komitmen yang konsisten (semua pihak yang terkait diharapkan dapat bertanggung jawab dan berkomitmen untuk kemajuan menjalankan sistem karena sistem tidak akan dapat berjalan tanpa input)
- Sumber Daya Manusia (SDM merupakan faktor paling utama untuk peranan yang sangat penting dalam menjalankan sistem)
Sistem Informasi Manajemen saat ini mempunyai nilai yang sangat strategis dan mempunyai perananan yang benar-benar penting sebagai daya saing Rumah Sakit Mawar dalam perkembangan kualitas pelayanan bagi masyarakat luas.
Hambatan-hambatan SIMRS
Dalam Rumah Sakit yang tidak menggunakan SIMRS dan masih menggunakan hal manual, pasti ada hambatan-hambatan tertentu yang di alami, antara lain :
- Redudansi Data yaitu pencatatan yang berulang-ulang dan menyebabkan penggandaan data sehingga kapasitas yang di perlukan membengkak dan pelayanan menjadi lambat.
- Unintegrated Data yaitu penyimpanan data yang tidak seimbang dan menyebabkan data menjadi tidak sinkron.
- Human Error yaitu proses pencatatan yang di lakukan secara manual dan menyebabkan terjadi kesalahan pencatatan yang semakin besar dan tidak sinkron dari unit satu ke unit lainnya. Hal ini menyebabkan banyaknya perubahan data dan berimbas pada pelayanan.
- Terlambatnya Informasi yaitu penyusunan informasi yang di rekap secara manual membuat penyajian informasi menjadi terlambat dan kurang dapat di percaya kebenarannya. Khususnya untuk Rumah Sakit besar yang memiliki daya saing yang tinggi dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.
Untuk mengatasi hal-hal di atas, maka di perlukan Sistem Informasi Manajemen (SIMRS) untuk Rumah Sakit sebagai salah satu strategi manajemen dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan dapat memenangkan persaingan bisnis.
Fitur - Fitur SIMRS
Aplikasi SIMRS Mawar yang di kerjakan oleh CV. Kampoeng Digital Wakibota mempunyai fitur dan fungsi sebagai berikut :
1. Menu Front Office
Dalam menu Front Office, terdapat 3 sub-menu yaitu di antara lain :
- Antrian Poli yaitu berfungsi untuk melihat data pasien melalui data poli yang sudah di filter sesuai penyakit pasien.
- Cetak Label yaitu berfungsi untuk mencetak data pasien yang telah terdata di SIMRS
- Data Pasien yaitu berfungsi untuk melihat data pada pasien lama dan menambah data pasien baru di Rumah Sakit
2. Menu Rawat Jalan
Menu Rawat Jalan berfungsi untuk mendata pasien rawat jalan di Rumah Sakit agar lebih cepat pelayanannya, dalam menu ini terdapat 16 sub-menu di antara lain :
1.Sub-menu Administrasi
- Administrasi Rawat Jalan berfungsi untuk mendata pasien rawat jalan dan administrasi pasien yang berobat
2. Sub-menu Asuhan
- Geriarti berfungsi untuk mendata pasien lanjut usia dengan keadaan fisiologis dan penyakit penuaan dini serta penyakit terkait usia lanjut
- Gizi berfungsi untuk mendata masalah gizi pasien dengan kegiatan pengkajian, diagnosa dan lain sebagainya
- Kebidanan berfungsi untuk mendata pasien yang memiliki masalah kesehatan pada ibu hamil, masa persalinan, masa nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana
- Keperawatan berfungsi mendata dan melakukan pelayanan kesehatan untuk pasien
- Kulit dan Kelamin berfungsi untuk mendata pasien yang mempunyai gangguan kulit dan sistem kelamin
- Medis berfungsi untuk mendata rekam medis pasien yang sedang rawat jalan
- Neotnatus, Bayi dan Anak berfungsi mendata pasien balita yang sangat rentan mempunyai gangguan kesehatan
- Umum berfungsi untuk mendata pasien yang tidak mempunyai penyakit khusus
3. Sub-menu Lain-lain
- Dashboard Rawat Jalan berfungsi mengetahui grafik 10 besar ICD-X dan jumlah kunjungan pasien per-poli
- INA-CBGS Rawat berfungsi untuk melakukan pembayaran dengan sistem paket berdasarkan penyakit yang di alami pasien
- Kwitansi merupakan barang bukti pembayaran yang telah dilakukan oleh pasien kepada Rumah Sakit
- Poli berfungsi untuk mengelompokkan pasien berdasarkan ICD-X
4. Sub-menu Rekap
- Bulanan berfungsi untuk merekap laporan data Rumah Sakit setiap bulannya
- Harian berfungsi untuk merekap laporan data Rumah Sakit setiap harinya
- Tahunan berfungsi untuk merekap laporan data Rumah Sakit setia[ tahunnya
3. Menu Instalasi Farmasi
Menu Instalasi Farmasi berfungsi untuk mendata keluar masuknya obat. Dalam menu ini terdapat 10 Sub-menu yaitu :
- Data Obat berfungsi mengetahui daftar stok obat dan harga jual
- Layanan Obat Rawat Jalan berfungsi untuk melayani obat pasien rawat jalan sesuai kebutuhan dan penyakit yang di derita
- Pelayanan Resep berfungsi mendata resep dari dokter untuk pasien
- Penerimaan Obat berfungsi untuk mendata setiap pemasukan obat di Rumah Sakit
- Pengeluaran Obat Rawat Inap berfungsi untuk mengetahui data obat untuk pasien rawat inap
- Pengeluaran Obat Ruang Operasi berfungsi untuki mendata obat untuk pasien operasi sesuai kebutuhan
- Ruang Operasi berfungsi mendata obat-obat yang di perlukan oleh ruang operasi di Rumah Sakit
- Stok Gudang yaitu untuk mengetahui berapa banyak stok obat yang masih tersisa di Rumah Sakit
- Stok Harian berfungsi untuk mendata obat yang keluar masuk setiap hari
- Transfer Stok berfungsi untuk mendata obat yang di transfer ke bidang tertentu sesuai kebutuhan, misalkan UGD
4. Menu Rawat Inap
Menu Rawat inap berfungsi untuk mendata pasien-pasien yang di rawat inap di Rumah Sakit. Dalam menu ini terdapat 16 Sub-menu di antara lain :
1.Sub-menu Administrasi
- Administrasi Rawat Inap berfungsi untuk mendata pasien rawat inap dan pembayaran
2. Sub-menu Asuhan
- Geriarti berfungsi untuk mendata pasien lanjut usia dengan keadaan fisiologis dan penyakit penuaan dini serta penyakit terkait usia lanjut di bagian rawat inap
- Geriarti berfungsi untuk mendata pasien lanjut usia dengan keadaan fisiologis dan penyakit penuaan dini serta penyakit terkait usia lanjut di bagian rawat inap
- Gizi berfungsi untuk mendata masalah gizi pasien dengan kegiatan pengkajian, diagnosa dan lain sebagainya di bagian rawat inap
- Kebidanan berfungsi mendata pasien yang memiliki masalah kesehatan pada ibu hamil, melahirkan dan bayi baru lahir
- Keperawatan berfungsi mendata dan melakukan pelayanan kesehatan untuk pasien rawat inap
- Kulit dan Kelamin berfungsi mendata pasien yang mempunyai gangguan kulit dan sistem kelamin di bagian rawat inap
- Medis berfungsi untuk mendata rekam medis pasien yang sedang di rawat inap
- Neonatus, Bayi dan Anak berfungsi untuk mendata pasien balita yang sangat rentan mempunyai gangguan kesehatan di bagian rawat inap
- Umum berfungsi mendata pasien yang tidak mempunyai penyakit khusus di bagian rawat inap
3. Sub-menu Lain-lain
- Dashboard Rawat Inap berfungsi mengetahui grafik 10 besar ICD-X dan jumlah pasien rawat inap per-poli
- INA-CBGS Rawat Inap berfungsi melakukan pembayaran dengan sistem paket berdasarkan penyakit yang di alami pasien di bagian rawat inap
- Insiden berfungsi mendata pasien dengan insiden tertentu sehingga harus di rawat inap
- Kematian berfungsi mendata pasien rawat inap yang meninggal
- Paket berfungsi untuk mendata bagian kamar atau ruangan pasien berdasarkan kebutuhan dan administrasi
- Persh Penjamin berfungsi mengetahui perusahaan-perusahaan yang menjadi donatur untuk Rumah Sakit
- Status Pulang berfungsi mendata pasien rawat inap yang sudah pulang
5. Menu Kamar Operasi
Menu Kamar Operasi berfungsi untuk mendata siapa saja pasien yang akan dan sudah melakukan operasi di Rumah Sakit. Di menu ini, terdapat 2 Sub-menu di antara lain :
- Data Operasi berfungsi untuk mendata pasien yang akan di operasi dari waktu operasi hingga nama dokter yang sedang akan melakukan operasi
- OK Crew yaitu untuk mengetahui daftar tim atau crew dalam kamar operasi
6. Menu Radiologi
Menu Radiologi berfungsi untuk mendata pasien yang melakukan tes lab radiologi. Dalam menu ini, terdapat 2 Sub-menu yaitu :
- Data Radiologi berfungsi untuk mendata pasien yang akan melakukan tes radiologi
- Master Radiologi berfungsi untuk mendata alat-alat radiologi yang di gunakan beserta tarif
7. Menu Laboratorium
Menu Laboratorium berfungsi untuk mendata pasien yang telah melakukan berbagai macam tes untuk mengetahui kesehatan bagian dalam pasien. Di menu ini terdapat 3 Sub-menu antara lain :
- Daftar Pemeriksaan berfungsi mendata pasien yang akan di periksa di laboratorium
- Kategori Pemeriksaan berfungsi untuk mengelompokkan data kategori pemeriksaan laboratorium
- Master Laboratorium berfungsi untuk mendata hasil uji laboratorium dan data administasi pada Lab
8. IGD (Instalasi Gawat Darurat)
Menu IGD berfungsi untuk mendata pasien yang masuk IGD. Menu ini, memiliki 2 Sub-menu yaitu :
- Dashboard IGD berfungsi untuk mengetahui grafik 10 besar ICD-X dan cara bayar pasien
- Data IGD berfungsi untuk mendata pasien yang masuk ke dalam IGD dan administrasi pasien
9. Menu Master
Menu Master merupakan bagian data awal yang harus di isi terlebih dahulu karena menu ini merupakan tempat data penting untuk Sub-menu yang ada. Pada menu ini terdapat 27 Sub-menu di antara lain adalah :
- Agama berfungsi untuk menentukan kategori Agama pasien
- Bangsal berfungsi mengelompokkan tempat rawat inap pasien
- Bentuk berfungsi mengkategorikan bentuk atau jenis obat
- Bidan berfungsi untuk mendata nama-nama bidan yang ada di Rumah Sakit
- Cara Bayar berfungsi untuk mendata pasien dengan kategori pembayaran (misal, BPJS atau umum yang menggukanan kartu kredit/tunai)
- Desa berfungsi mendata alamat pasien dari desa mana
- Dokter berfungsi untuk mengetahui dan mendata nama-nama Dokter yang ada di Rumah Sakit
- Group berfungsi mengkategorikan jenis obat dan cream
- ICD 9 berfungsi untuk mengklasifikasi penyakit dan masalah kesehatan lainnya
- ICDX berfungsi untuk mengklasifikasi maslaah kesehatan
- Jabatan berfungsi untuk menkategorikan jabatan pegawai di Rumah Sakit
- Kabupaten berfungsi mendata alamat pasien dari Kabupaten mana
- Kamar berfungsi untuk mendata kamar dan administrasi biaya kamar Rumah Sakit
- Kategori berfungsi untuk mengkategorikan alat-alat kesehatan dan obat yang di perlukan di Rumah Sakit
- Kategori Dokumen berfungsi untuk mendata dokumen yang berhubungan dengan Rumah Sakit
- Kecamatan berfungsi mendata alamat pasien dari Kecamatan mana
- Layanan berfungsi untuk mendata layanan pasien
- Lokasi Stok berfungsi untuk mengkategorikasasikan lokasi obat
- Merk merupakan data dari brand barang yang digunakan oleh Rumah Sakit
- Pekerjaan berfungsi untuk mendata pekerjaan pasien yang dirawat
- Pendidikan berfungsi untuk mendata pendidikan pasien yang dirawat
- Perawat berfungsi untuk mengetahui perawat yang ada di Rumah Sakit
- Profesi ditujukan kepada pegawai Rumah Sakit agar mengetahui profesi atau tugasnya masing-masing
- Satuan merupakan jumlah obat yang akan di berikan kepada pasien
- Status Kerja ditujukan kepada pegawai Rumah Sakit yang berstatus karyawan tetap atau karyawan tidak tetap
- Supplier berfungsi mendata supplier obat
- Tarif berfungsi untuk mendata biaya administrasi pasien
10. Sistem Administrasi
Menu Sistem Administrasi berfungsi untuk admin yang mengontrol aplikasi. Menu ini mempunyai 6 Sub-menu yaitu :
- Artikel berfungsi untuk membuat artikel petunjuk untuk user ketika menggunakan aplikasi
- Dokumen merupakan dokumen laporan dari berbagai kegiatan dan barang di Rumah Sakit
- Kategori Artikel berfungsi untuk mengelompokkan data user pada aplikasi
- Menu Aplikasi berfungsi untuk mengatur menu-menu utama dalam aplikasi
- Pegawai berfungsi mendata user yang menggunakan aplikasi SIMRS
- PICA berfungsi mengkoreksi aplikasi-aplikasi yang tidak dapat digunakan
Selain membuat SIMRS, perusahaan kami juga membuat aplikasi puskesmas (SIMPUS) yang dapat di lihat di (kampsimpus.blogspot.com/) dan Untuk Informasi Lebih lanjut hubungi Whatsapp 085655825121
Komentar
Posting Komentar